RSS

SURVEY TA JOGJA PART 1

Kamis, 25 JUni 2010

Ga kerasa sekarang giliran saya buat ngambil TA, yah,setelah beberapa kali diskusi dan bimbingan, ahirnya lokasi TA saya fix Yogyakarta!! Saya juga punya kesempatan buat ikut survey ke Jogja bareng PU yang kebeneran sedang penelitian di Jogja juga. SIngkat cerita, tanggal 25 Juni 2010 saya berangkat ke Jogja pake kereta, selain sarana transportasi favorit, kalau pake kereta jalurnya sedikit beda dari jalur mobil, jadi saya bisa liat view yang beda dari biasanya. Saya pake kereta bareng Ime temen saya yg lagi KP juga d PU dan Ibu Lia, TL untuk tema penelitian ini sekaligus dosen co-pembimbing saya.Kalau tim survey lainnya pergi dari Bandung pake mobil dan sudah berangkat lebih dulu. Biar cuman pake kereta kelas bisnis, tapi perjalanan saya rasa cukup nyaman. Kita berangkat pake kereta k Jogja jam 8 pagi. Selama perjalanan dari mulai keluar Bandung, tepatnya d daerah Cicalengka sedikit gerimis, dan kayanya daerah yang kita lewatin itu sebelumnya sudah hujan, jadi udaranya kata saya sih sejuk, kereta juga ga terlalu penuh. Mungkin karena hari kerja dan ga ada tanggal merahnya.Masuk daerah Malangbong, ujan lumayan deres, tapi cuman sebentar sih. Begitu sampai daerah Tasik, cuaca aga sedikit cerah.Tetapi begitu masuk daerah Majenang, hujan gede n angin yang cukup kenceng lumayan bikin nagantuk. Masuk ke daerah Kutowinangun, cuaca mulai cerah, panas, matahari juga cukup terik, hmmm… itu artinya Jogja ga lagi musim ujan, baguslah, jadi survey kita bisa lancar.
Ahirnya kita sampai di Stasiun Tugu pas jam setengah 5, ya, terlambat 30 menit dari jadwal di karcis. Lokasi hotel ternyata pas di depan stasiun, jadi ga perlu repot2 cari angkutan. Hotel bintang 3, deket stasiun, dapet kamarnya juga yang besar, gratis pula selama seminggu. Wooow hehehe Ga banyak yg dikerjain, cuman mandi, nonton tv di kamar hotel, trus tau2 ketiduran. Oya, disini saya sekamar sama Ime.
Ternyata tim yg pake mobil baru dateng jam 10 malem, yaa, hari ini d tutup dengan briefing tempat2 yang bakal d survey besok pagi

Jumat, 26 Juni 2010

Berhubung hari ini surveynya di jalan di depan hotel, jadi bangun jam set 7 ga masalah (kalo hari lain, jam set 6 itu harus udah sarapan, weeeeksss). Selesai sarapan, kita siap2, ngeluarin peralatan survey, alat counting, alat ngukur lebar jalan, speed gun buat ngukur kecepatan. Saya kebagian buat ngitung volume pejalan kaki. Pertama kalinya saya survey kaya begini, sama orang2 yg lebih pengalaman lagi hohoho. Jam 9 survey selesei. Kebeneran saya g kebagian k kantor PU Jogja, jadi ya input data terus tidur lagi hehe. Jam 2an, tim yg survey k kantor PU udah dateng, ahirnya kita mutusin buat cari makan siang d luar hotel, sekalian muter2 Jogja hehe. Ahirnya kita mutusin k rumah makan “X” tapi ternyata pada lupa jalan, walhasil kita muter2 deh di Jogja. Jam 3, baru deh nemu tu rumah makan. Ga lupa, saya ngehubungin Imre dooonk, sodara se-Plano, se-angkatan, se-kampus pula yg pindah k Jogja, kebeneran dia lagi ada di stasiun nganter temennya yang mau ke Semarang. ya, skalian ajah klo saya dah di hotel bisa ketemuan. Jam 4 kita selsei makan n survey tempat-tempat yang bakal dijadiin lokasi penelitian. Dan bisa ditebak… kita nyasar2 lagiiii…. ngelewatin tempat yang sama berkali-kali, sampe ahirnya udah mau magrib, kita mutusin buat pulang k hotel n briefing lagi

Ini nih tempat makan yang kita cari, yang ternyata ga jauh dari hotel kita

Nyampe hotel, ketemu Im sebentar soalnya saya mu briefing lagi. Setelah ngasih tau info bakal di Jogja berapa lama n janjian buat ketemuan lagi besok, saya pamit briefing. Ternyata briefingnya cuman sebentar. Ahirnya saya coba ngehubungin Budi, temen saya di Jogja, dan berhasil. Setelah ngobrol ini-itu, nanti janjian buat maen bareng di Jogja. Hari ini pun seperti biasa di tutup dengan briefing untuk besok pagi. Besok Jam 7, setelah sarapan,langsung keliling ke 5 lokasi yang udah ditentuin jadi calon tempat kita ngambil data mulai senin nanti.

Sabtu, 27 Juni 2010

Jam 7 setelah sarapan, langsung cabut keliling2 JOgja (bener2 ga ngaret, keren!). Lokasi pertama di kawasan perkantoran & perdagangan di sekitar Tugu. Kita nyampe sana sekitar jam set 8, dan ternyata sodara2, jalanan n pejalan kaki yang lewat di situ jam segitu tu sepiiiii bangeeet. Hiaaah kalo gini soh ga bisa d survey, jam survey kita kan pake jam puncak pagi sekitar jam 7-9, nanti ga sesuai donk. Oke, coret! Pindaaah

Sabtu pagi di Jogja, depan hotel hehe

Lokasi ke-2 di Kopma UGM. Hmm…. jam 8 kurang, masih sepi juga. Setelah tanya sana-sini, katanya kalo di daerah ini ramenya sekitar jam 9 sampe magrib. Oke, bisa diperhitungkan, apalagi menurut info dari Budi, UGM lagi minggu2 UAS, jadi pasti lumayan rame. Setelah cari sumber listrik n titik2pengamatan, kita cabut ke lokasi berikutnya, yaitu depan RS Bethesda.

Ternyata di depan RS Bethesda lumayan cocok tempatnya, jalannya 1 arah, 2 lajur, trotoar di samping kana-kiri,sumber listrik ada. Setelah muter2 sebentar,kita cabut ke lokasi berikutnya Jalan Urip Sumoharjo.

Sebenernya masih ragu, antara Jalan Urip Sumoharjo atow Jalan Solo, atow Jalan Adi Sucipto yang berupa ring road. Ahirnya kita muter2 lagi.Jalan keluar dari Kota ajah masih bingung, jadi deh kita jalan2 di hari Sabtu yippiii… 😀

Foto di Sabtu pagi depan Plasa Ambarukmo

Cek lokasi di Plasa Ambarukmo

D tengah jalan, Ibu Lia sempet minta saran lokasi, dan keluarlah nama Plasa Ambarukmo. Sampe di Ambarukmo sekitar jam 10 kalo ga salah. Wiih langsung deh Mas Egi keluarin kamera buat survey primer kondisi prasarana, tapi teteep, narsis juga doonk heheheh. Selesei di Ambarukmo sekitar jam 12atow jam 1, udah jamnya makan siang. Tapi ahirnya mutusin buat survey dulu ke lokasi berikutnya, di Gembira Loka.

Nyampe Gemibra loka, ternyata lumayan penuh, maklum hari Sabtu, dan setelah di survey, tempatnya kurang memungkinkan buat dijadiin loaks penelitian. Kita semua dah pada lemes, selain emang udah jam makan siang, panas, harus jalan keliling2 juga, ahirnya semua madesu haha.

Gembira Loka yang ga gembira

Selsei di Gembira loka kita mutusin buat makan dulu. Kita makan di rumah makan punya Pa Bondan ‘Wisata Kuliner’. Berhubung hari Sabtu, tempatnya penuuuh, banyak artis pula hehe. Setelah makan, kita lanjut survey ke lokasi berikutnya, Depan Balai Kota. Panas2 jalan2 disana,tanya sana-sini dan lokasinya cocok buat dijadiin lokasi penelitian. Setelah beres dari Balai Kota, kita pulang ke hotel, soalnya mau briefing sama tJim survey dari anak2 UGM yang ikut bantu di penelitian ini.

Jam 4 kita nyampe ke hotel,istirahat di kamar sambil janjian ama Im buat jalan2 malem minggu di Jogja… hmmmm belom pernaaaaah jalan2 bener2 sendiri di Joja, terakhir k Jogja lama bareng temen2 tu SMA, tu juga cuman transit perjalanan pulang dari Bali.

Jam 5, kita d telepon untuk ikut briefing. DIsana udah ada lumayan banyak temen2 dari UGM yang ternyata dari mereka pung kenal 1 sama lain haha. Hanya temen ajak temen. Setelah d kasih penjelasan buat survey wawancara besok (Minggu) ke rumah2, selanjutnya sesi tanya-jawab Ibu Lia ama mereka. Mas Bambang yg kebeneran duduk deket saya di pojolk ruangan tiba2 nanya ke saya “ini gempa ya?” setelah saya rasain, ternyata bener dan makin kenceng, tapi ga kenceng2 amat sih, cuman goyang ajah. Oya, kamar tempat kita briefing itu ada di lantai 3, jadi kerasa klo ada gempa. Untungnya cuman bentar, Selsei briefing, saya nlp mamah yg ada d Bdg, nanyain tentang gempa, katanya sih g kerasa, tapi emang ada beritanya, kalo g salah di sekitar Bantul pusat gempanya. Aga ngeri juga nih.

Briefing survey wawancara rumah tangga

Jam 7, udah mandi, udah seger, udah cantik, nunggu d jemput Im. Ternyata semua punya rencana masing2 buat jalan2 d Jogja. Ime juga janjian ama temen SMA nya.
Yap, setelah Im dateng, langsung deeh keliaran d Malioboro. Berhubung saya ngidam es krim, jadi segera merapat ke KFC terdekat di Mlaioboro haha. Udah itu, jalan2 sepanjang Malioboro n makan nasi kucing di depan kantor pos. Malioboro ruamee bangeeet, susah deh mu jalan juga. Kata Im sih, klo malem minggu emang rame banget, TAPI cuman malem minggu n cuman di sekitar Malioboro n alun2 selatan ajah, tempat lain sih biasa2 ajah, masih ramean di Bdg katanya. Sambil ngobrol n cerita2 kabar temen2 2006 lainnya, sambil nlp Dhobit yang lagi pulkam ke Gorontalo. Hebohlah kita disana

Jam 9 malem, kita pulang, soalnya ga enak juga ini perginya sama ibu2/bapak2 yg kayanya jarang pulang malem, n belum terlalu kenal. Kita naek becak dari kantor pos ke depan hotel. Hmmmm ternyata emang rute becak jadi ga susah ngafalin jalan. Padahal makin malem,makin rame ajah tu Malioboro. Nyampe depan hotel, pamitan sama Im, bilang makasih n janjian buat besok muter2 ke rumah2 penduduk di sekitar hotel buat survey wawancara.

Minggu 28 Juni 2010

Survey pertama dimulai! Pas jam 10 Im nyampe ke hotel. Sekarang kita muter2nya pake motor, soalnya form kuesioner wawancara cuman ada 5, jadi yaa bisa manfaatin waktu buat maen2 di Jogja. Kita wawancara sama warga sekitar, warga Jogja emang ramah2, kita malahan ngobrol jadinya. Ada yang kerjanya di tambang n pulang k Jogja seminggu sekali, ada ketua RT yang tau segala macem tentang lingkungan sekitar situ, ada bapa2 pensiunan PNS yang hobinya jalan kaki dari rumah ke kantor, ada bapa2 pensiunan yang masih rajin olahraga pagi, jalan muterin kompleks rumahnya, ada juga ibu2 penjual grosiran yang kayanya masih ga paham tentang materi yang saya tanyain. Jam 1 akhirnya kelar. Kita mutusin buat makan. Kebeneran ngedadak pengen makan steak WS (hadduh d Jogja ko makannya itu!). Tapiiiii kita muter2 kemana2 ga nemu2,malahan nyasar…. hiaaahh.. ahirnya g sengaja kita nemu Steak Obong, langsung belok. Huaaah Steak obong, jadi inget buka puasa bareng 2006!!!

Sambil mesen steak, sambil ngobrol n rapihin jawaban2 hasil wawancara, Ternyata Im mulai senin udah aga sibuk k kampus, urus ini-itu, jadi yaaa kayanya hari ini terkahir ketemu Im. Hmmmm…. padahal belom sempet jalan2 naek sepedanya Im tuh!. Selsei makan, ahirnya kita jalan2 keliling Jogja pake motor. Baru pertama kaliiiii jalan2 sendiri di kota orang, pake motor, dan bukan d acara “study tour” atow jalan ama keluarga. Bener2 seruuu. Pertama k kosannya Im, sapa tau nanti klo k Jogja lagi bisa maen2 kesana. Terus lanjut jalan2 naek motor sampe ga kerasa udah jam 3. Ahirnya mutusin buat balik ke hotel, soalnya ga enak juga kalo lama2 banget n katanya bakalan ada briefing lagi. Sampe hotel, ternyata saya sama Ime g usah ikut briefing bareng sama temen2 UGM yg laen. Nanti ajah malem briefingnya.

Setelah briefing ama anak2 UGM selesei, saya sama Ime turun k kamar Ibu Lia & Ibu Ririn. Disana cerita2 ngapain ajah seharian. Ternyata karena lokasi kemaren kurang memungkinkan, jadi kita ganti lokasi. Buat senin, kita bareng2 di depan Plasa Ambarukmo, hari ke-2 dipisah, ada tim yang di Balkot ada tim yg di Kopma UGM (saya di Kopma UGM, yippiee!), hari ke-3 kita bareng2 lagi di Jalan K.H. Ahmad Dahlan. Survey hari minggu ini kerasa cape banget, jadi jam 9 saya udah ngantuk banget, tapi Ime masih nntn bola (lagi world cup) plus beso senin kudu bangun jam 5, jam set 6 udah harus sarapan n jam 6 berangkat!!!! Well, pengalaman yang menarik di hari minggu ini jadi penutup cerita weekend yang beda sama sekali dari weekend hari-hari biasanya. Thank’s To Im!

Im jadul, waktu awal masuk kuliah