RSS

WELL, THIS IS LIFE AND I’LL LIVE IT WELL

image

Kalau pernah dengar ada pepatah “Hidup itu ga selamanya diatas” well, saya mungkin sedang ngalamin itu. Dari segi kerjaan misalnya, kalau selama 1 taun terakhir saya kerja di lokasi yg bisa dibilang pusat keramaian Kota Bandung dari segi kuliner, industri fashion, perkantoran dll sekarang tempat kerja saya sedikit keluar dari Kota Bandung. Ya, dulu tempat kerja saya lokasinya di Jalan Banda, persis disebrang Lapangan Olahraga Saparua! Strategis sekali kan? Dekat kemana-mana dan angkutan umum yang lewat pun banyak.

Dari segi karakteristik lalu lintasnya, jelas karakteristik lalu lintas perkotaan yang didominasi oleh kendaraan pribadi, sepeda motor, angkutan kota, truk tentara karena memang lokasinya dekat dengan lokasi pendidikan militer dan beberapa kantor militer, malahan di akhir pekan sesekali bus pariwisata berbagai ukuran ada yang lewat didepan kantor. Karakteristik orang yang melakukan perjalanan? Ya sudah pasti didominasi oleh anak sekolah, pekerja kantoran, militer. Dari segi suasana tempat kerja, benar-benar atmosphere sebuah kantor meskipun bentuk fisik bangunannya berupa sebuah rumah bergaya arsitektur Belanda yang sangat besar dan didesain sedemikian rupa agar menjadi seperti sebuah kantor. Beberapa set meja kerja, meja gambar, papan tulis, tempat penyimpanan arsip, ruangan khusus gambar dan berbagai jenis buku, pembagian ruangan khusus untuk para engineer, administrasi, drafter, pegawai lain, sampai ruangan untuk para bos. Selain itu, disini terdapat ruang tamu, ruang rapat, 2 buah kamar mandi dan sedikit space untuk halaman sekaligus tempat jemuran.

image

Nah, memang sekarang saya kerja dimana?

Oke, semenjak awal Desember lalu saya resmi berhenti menjadi karyawan disana dan Alhamdulillah saya sekarang mendaparkan pekerjaan yang memang saya incar semenjak beberapa bulan sebelum resign. Meskipun bukan perusahaan besar, tapi, yang penting sekarang ini untuk jangka menengah adalah ilmu dan pengalamannya. Oke, bahasan untuk materi masing-masing pekerjaan sepertinya bisa dilihat di CV saja. Yang saya bahas disini adalah lokasinya.

Lokasinya sangat berbanding terbalik dengan lokasi kerja saya sebelumnya. Sekarang saya harus menempuh perjalanan sedikit ke pinggiran Kota Bandung, tepatnya di Kabupaten Bandung dengan karakteristik lalu lintasnya didominasi oleh karakterisrik lalu lintas antar kota, antar provinsi, bahkan antar pulau. Ya, lokasi kerja saya sekarang ini berada di ruas Jalan Negara, salah satu akses keluar-masuk Kota Bandung di sisi Timur. Jenis kendaraan yang melintas? Dari mulai sepeda hingga truk tronton, dari mulai angkutan kota sampai bus umum berukuran besar, dari mulai gerobak hingfa pick up semua pasti bisa saya temui sepanjang perjalanan saya ke tempat kerja. Macet?? Jangan ditanya!

Kemacetan lalu lintas khas jalur akses masuk ditambah dengan lokasi yang memang langganan banjir sering membuat saya dan teman kerja saya sedikit ‘sport jantung’ takut kalau-kalau kami harus menerjang banjir yang sudah pasti didampingi oleh macet! Dan akan sedikit beruntung jika ketika kami pulang hujan sudah berhenti karena terkadang ketika kami akhirnya pulang karena sudah cukup lama menunggu di kantor, kami harus bertoleransi membiarkan hujan ikut mengiringi perjalanan pulang kami. Dari segi fisik bangunan, bentuk kantor yang sekarang saya datangi setiap hari hanya berupa rumah tinggal yabg sedemikian rupa ditata pembagian ruangannya agar kami bisa bekerja dan sudah tentu berada di kompleks perumahan. Untuk akses kemudahan menuju aneka tempat kuliner maupun cafe bahkan FO hampir tidak mudah, karena memang guna lahan disekitar sana, sampai radius kurang lebih 3 Km memang didominasi oleh perumahan dan beberapa sekolah, sesuai dengan karakteristik daerah Sub Urban yang memang disominasi oleh perumahan dan karakteristik lalu lintas antar kota/provinsi.Karena bekerja dirumah, sudah pasti suasana bekerja pun tidak seperti suasana bekerja di kantor, hampir seperti bekerja dirumah, lengkap dengan interaksi dengan yang tinggal dirumah tersebut.

Lalu, apakah saya menyesal? Manakah yang lebih saya suka dari semua gambaran diatas? Jawaban saya adalah saya tidak menyesal sama selalu dan saya menyukai keduanya! Ya, karena ini pilihan saya, kenapa harus disesali? Justru menambah pengalaman saya merasakan bagaimana suasana dan apa-apa saja yang harus saya hadapi dalam bekerja selain materi pekerjaan yang bervariatif, tidak monoton, dan yang pasti setiap menambah pengetahuan saya tentang sisi lain metropolitan Bandung tidak sebatas dari membaca dan mendengar berita saja, tapi bahkan mengalami langsung.
Selain itu juga, dimanapun saya bekerja dan seperti apa lingkungannya secara tidak disadari akan melatih kemampuan adaptasi. Kalau hanya monoton berada di 1 lingkungan tertentu, mungkin kepekaan adaptasi kita pun akan sedikit membutuhkan semacam stimulus, berbeda dengan orang yang memang sering sekali berada di beberapa karakteristik lingkungan berbeda dalam jangka waktu tertentu, sudah pasti kepekaan beradaptasinya dituntut untuk selalu peka untuk melancarkan kegiatannya. Lagipula, saya masih bersyukur, meskipun saya harus sedikit ‘keluar kota’ tapi saya masih bisa pulang ke rumah, masih bisa bertemu dengan teman-teman yang memang tinggal di Bandung, tidak banyak merubah beberapa pola kehidupan saya,  tidak harus meninggalkan kegiatan saya di Bandung seperti orang-orang yang kini bekerja dan bahkan berdomisili di luar Kota Bandung.

Well, apapun dan bagaimanapun keadaannya, ini merupakan satu lagi tantangan dan pelajaran dalam catatan hidup saya, semoga bisa menjadikan saya pribadi yang lebih bermanfaat lagi bagi orang banyak dan bisa memajukan serta memberikan yang terbaik dari yang apa yang sedang menjadi pekerjaan saya saat ini dan selalu diberikan kemudahan dan kekuatan untuk menjalaninya. Aaamiiinnn

I’m gonna live my life well and obey all both religion and city ruler’s

image

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: