RSS

SITU NINAH/SITU DATAR BARU

09 Apr

Secara administratif, Situ Ninah berada di Desa Margaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan berada pada koordinat -7.227098, 107.548005. Situ Ninah memiliki nama lain yaitu Situ Datar Baru. Situ Ninah juga terletak di area Perkebunan Pasir Malang. Situ Ninah termasuk danau yang dapat dengan mudah dijangkau baik dengan menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Jika menggunakan angkutan umum dari arah Kota Bandung, pertama-tama naik ELF jurusan Bandung – Pangalengan lalu turun di Pasar Pangalengan.

Kemudian di Pasar Pangalengan, naik kembali ELF jurusan Pangalengan – Rancabuaya dan turun di gerbang Perkebunan Pasir Malang. Dari gerbang Perkebunan Pasir Malang, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek hingga ke lokasi Situ Ninah. Bila menggunakan kendaraan pribadi, khususnya dari arah Kota Bandung, terdapat dua rute yang dapat ditempuh. Pertama yang melalui Gerbang Perkebunan PTPN VIII Kebun Malabar dan yang langsung melalui Gerbang Perkebunan Pasir Malang.

Bandung – Kebun Pasir Malang – Situ Ninah

Arahkan kendaraan dari Bandung menuju Pangalengan hingga patokan pertama. Patokan pertama yaitu Bundaran tepat sebelum Pasar Pangalengan. Bundaran ini berada pada koordinat -7.176033, 107.571139. Ambil arah kanan pada bundaran ini menuju patokan kedua.

Patokan kedua yaitu pintu gerbang objek wisata Situ Cileunca. Pintu gerbang Situ Cileunca berada pada koordinat -7.193895, 107.545317. Lewati pintu gerbang objek wisata Situ Cielunca dan terus ikuti jalan raya utama menuju patokan berikutnya, yaitu pertigaan Pasir Malang. Pertigaan gerbang perkebunan Pasir Malang berada pada koordinat -7.219415, 107.540475. Ambil arah kiri pada persimpangan ini menuju area Kebun Pasir Malang.

Ikuti terus jalan utama hingga tiba di persimpangan pada koordinat -7.225268, 107.545220. Ambil arah kanan pada persimpangan ini. Jalur ini sudah merupakan jalan perkebunan, sehingga cukup sempit dan kondisi aspalnya tidak terlalu mulus. Ikuti jalan hingga mentok. Ambil arah kiri menuju area Situ Ninah. Jika musim hujan, jalur menuju area Situ Ninah akan sangat licin karena merupakan tanah merah dan rumput. Jalan pun lebih mirip jalan setapak dibandingkan untuk kendaraan bermotor. Total pembacaan jarak dan waktu tempuh pada peta yaitu 51,9 Km dalam waktu 2 jam 18 menit.

Bandung – Kebun Malabar – Situ Ninah

Arahkan kendaraan dari Bandung menuju Pangalengan hingga patokan pertama. Patokan pertama yaitu Bundaran tepat sebelum Pasar Pangalengan. Bundaran ini berada pada koordinat -7.176033, 107.571139. Ambil arah kiri pada bundaran ini menuju patokan kedua.

Patokan kedua merupakan pintu gerbang PTPTN VIII Kebun Malabar yang berada pada koordinat -7.179838, 107.581593. Ambil arah kanan di pintu gerbang Kebun Malabar menuju patokan ketiga. Patokan ketiga yaitu Makam Boscha yang berada pada koordinat -7.210484, 107.587059. Lewati Makam Boscha hingga tiba di persimpangan pada koordinat -7.211402, 107.586096. Ambil arah kanan pada persimpangan ini.

Ikuti jalan utama hingga melewati persimpangan menuju Objek Wisata Bukit Nini. Ikuti terus jalan utama hingga tiba di persimpangan pada koordinat -7.219271, 107.574986. Ambil arah kanan pada persimpangan ini menuju Jalan Gunung Cupu. Ikuti jalan utama hingga memasuki permukiman pertama di jalur ini. Setelah keluar dari permukiman, jalur akan kembali memasuki area perkebunan teh Pasir Malang.

Ikuti jalan utama hingga tiba di persimpangan pada koordinat -7.228261, 107.554197. Ikuti jalan utama pada persimpangan ini hingga tiba di persimpangan berikutnya pada koordinat -7.228181, 107.553174. Ambil arah kanan pada persimpangan kedua. Ikuti jalan utama hingga tiba di permukiman berikutnya. Setelah tiba di area permukiman, ikuti jalan utama hingga bertemu persimpangan pada koordinat -7.225272, 107.545214. Ambil arah kiri pada persimpangan ini menuju area Situ Ninah.

Jalur ini sudah merupakan jalan perkebunan, sehingga cukup sempit dan kondisi aspalnya tidak terlalu mulus. Ikuti jalan hingga mentok. Ambil arah kiri menuju area Situ Ninah. Jika musim hujan, jalur menuju area Situ Ninah akan sangat licin karena merupakan tanah merah dan rumput. Jalan pun lebih mirip jalan setapak dibandingkan untuk kendaraan bermotor. Total pembacaan jarak dan waktu tempuh pada peta adalah 53,9 Km dalam waktu 2 jam 35 menit.

Lokasi Situ Ninah tidak terlalu jauh dari permukiman penduduk, namun area di sekitar Situ Ninah masih sangat alami dan belum terdapat fasilitas apapun. Papan penunjuk arah menuju Situ Ninah pun masih belum ada, baik dari arah Kebun Malabar maupun dari arah gerbang kebun Pasir Malang. Area disekitar Situ Ninah dapat dipergunakan sebagai area camp, namun tidak terlalu luas. Situ Ninah merupakan area pemancingan bagi warga setempat.

Hingga saat ini, pemanfaatan Situ Ninah masih sebatas sumber air untuk pengairan di Kebun Pasir Malang dan budidaya ikan, serta area pemancingan lokal. Posisi Situ Ninah berada lebih rendah dari jalan raya utama kebun Pasir Malang (Jalan Raya Pasir Malang). Dengan posisinya yang lebih rendah dari jalan raya utama, Situ Ninah sudah dapat terlihat tepat dari pinggir jalan raya utama.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 9, 2017 in DANAU, Travelling

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: