RSS

PENDAKIAN TER-TATIH GUNUNG CIREMAI 1-3 JULI 2011

10 Jul

Trip ini bener2 trip ugal2an!!! gimana ga ugal2an, setelah hari Rabu ngabur ke Cianjur full day, ga olahraga, jaraknya lumayan jauh dari Bdg, plus nanjak trek yang 2x dari trek Cikuray, cwe sendiri pula. Yuuup nanjak Gunung Ciremai!! Weeeww… antara penasaran n fisik teriak minta batal hehehe

Jumat, 1 Juli 2011

Sore2 rempong di kampus! Gimana ngga harus nyimpen motor n janjian ama 2 orang temen yang bakalan bareng juga, mana sebelumnya pas siangnya di rumah ujan, udah siap ajah pake baju ganti,dan ternyata di kampus mah ga ujan, jadi ajah harus rempong ganti baju n nyimpen dulu baju gantinya biar ga berat di bawa2 di keril. Okee janjian jam 4 di Cicaheum, tapi jam setengah 4 temen saya yg 1 kejebak macet di Surapati buaaahhaha pengen nangis rasanyaaaa. Jam setengah 5 lewat pun belom nongol, mana pake acara nyasar dulu lagi, untung nyasarnya cuman ampe gor Citra. Dan bis adipastiin kita ber-3 bakalan telat nyampe Caheum. Sebenernya jam 4 di Caheum itu ngejar Damri terakhir yang ke Kuningan byar ga repot. Kalo ke Cirebon sih masih ada bis sampe jam 7 malem juga, cuman aga repot juga dari Cirebon ke Kuningan trus ke pos 1 Linggarjatinya.

Tapi mu gimana lagi, jam 5 kita baru brangkat dari kampus. Total rombongan dari Bandung ada 6 orang, 3 orang nunggu di Caheum, 3 orang pg dri kampus. Ahirnya nyame Caheum dan dapet kabar klo bis ke Kuningan udah pergi, hiaaaahhh tetep tetep ajah ke Cirebon dulu. Setelah ketemu ama 3 orang lainnya, yg lumayan juga ini rempong sendiri di terminal nyari 3 orang ini, ga pake basa-basi langsung naek bis ke Cirebon yang udah mau brangkat, berhubung harganya sama ajah 35rb, ya udah deh naek, aga mewah dikit gpplah yaaa, harga sama ko hehehe.

Dan saya sedikit lupa, kalo hari Jumat menjelang magrib keluar Bandung lewat jalur Cicaehum-Arcamanik-Ujungberung-Cibiru-Cileunyi itu bikin emosiii!!! Muaceeettt paraaah. Ahirnya baru bener2 bisa keluar dari Bdg, tepatnya di Jatinangor itu jam 7 kurang… wooow what a traffic!!! Selepas Jatinangor sih udah ga akan parah macetnya. Sebagian dari kita tidur, ada yg ngobrol, ada juga yg cuman nglamun sambil dengerin musik. Singkatnya jam 10 malem kita sampe di Terminal Cirebon. Begitu turun, langsung deh ditawarin macem2 ama calo, nawarin elf ampe pertigaan Linggarjati, nawarin carter angkot sampe pos 1 Linggarjati, ada yg nawarin becak pula!! Malah ada yg aga gila nawarin jogging ajah (ini rombongan Bdg yg ngomong, dasar eror ahaha). Ahirnya setelah nego n koordinasi ama rombongan Jkt masalah meeting point, kita sepakat buat sewa 1 angkot sampe ke pos 1 Linggarjati masing2 10rb. Tapii berhubung kita laper, pengen makan dulu, jadi nego2 deh buat mampir2 ke supirnya. Untungnya supirnya baek mu nunjukin tempat makan nasi Jamblang di dalem Terminal yang baru buka n katanya harganya murah. Bener ajah harganya murah, saya makan macem2, nasi 2, sayur tahu, perkedel jagung 5 ribu ajah, paling mahal temen saya 13rb, tapi itu juga udah macem2. Selesei makan, kita minta mampir dulu buat belanja. Selesei belanja baru deh kita dianter ke Linggarjati.

Ternyata aga jauh juga yah ni terminal ama Linggarjati, untung ajah kita ga pake elf, biar cuman 7rb, tapi cuman ampe pertigaan n dari pertigaan sih ga tau naek apa lagi udah ampir tengah malem kaya gitu plus daerah sepi pula. Jam 12 pas kita sampe di pos 1 Linggarjati bener2 dingiiiin n ngantuuuk banget. Setelah ngurus2 administrasi, ahirnya kita dikasih tempat istirahat di Mushola. Yah, nasib deh cwe 1 1nya jadi tidur bareng sama 5 orang cwo laennya di dalem Mushola.

Sabtu, 2 Juli 2011

Tidur ga terlalu nyenyak sih, soalnya perut udah mulai bermasalah sama yang namanya angin, trus takut rombongan dari Jkt nyampe, hp di cash di ruang jaga, plus tidur ga pake sleeping bag, ternyata dingin n jam 2an saya pinjem sleepiny bag temen saya. Bener ajah jam 4 subuh saya udah melek, saking dingin, sakit perut, n beser. Untungnya kamar amndi di depan Musholla ada WC nya, ga pake basa-basi saya kluar Mushola dan ternyata bener2 dingiiiin n masuk ke WC, tapiii begitu pintunya dibuka, gelaaaap trus kaya ada yg nyemplung ke bak. Waduh apaan yah. Ahirnya saya putusin buat buang air kecil ajah di kamar mandi yang sebelumnya saya pake. Tapiiiii pas saya buka pintu, di atas bak mandi ngejejer 3 ekor katak pohon!!! Demi apa iniiii banyaak bangeet!! Jadi yg tadi nyemplung itu katak?? Cek kamar mandi yg 1 nya, ga lebih mending, malah ada katak pohon yg gedenya. Ahirnya saya mulai sadar n liat2 disekeliling. Ternyata oh ternyata di kolam ikan di samping Mushola buanyak katak pohon!! Huaaahh pengen nangis rasanya. Ahirnya saya nahan buat buang air kecil. Ahirnya saya putusin buat ambil hp n nlp rombongan yg Jkt, katanya sih tadi kejebak macet jadi mungkin sekitar jam 7an baru nyampe ke Linggarjati. Haddeehh.

Ahirnya saya putusin buat twitteran sambil bengong di depan pos Linggrajati, mumpung batre penuh n dapet sinyal. Tapii lama2 konyol jga subuh2 bengong sendirian disitu, mau masuk n tidur lagi, udah kebelet, mau nekat cari mesjid ke abwah, ngeri juga subuh2 sendiri huhuu. Untungnya ada 1 orang temen saya yg bangun, dia juga pengen ke WC, ahirnya setelah sedikit ‘dihasu’ mau juga dia cari masjid ke bawah hehe. Untungnya ga jauh dri pos emang ada Masjid, lumayan bagus lagi… tapiii tetep kamar mandinya ga mendukung. Ahirnya mutusin buat jalan aga jauh lagi kebawah, tapi dipikir2 mau sampe mana, yg ada keburu rame. Ahirnya tadi pas turun ga sengaja ada 1 rumah yang mash rame, ahirnya kita beraniin buat numpang di rumah itu ajah.

Setelah minta ijin, ahirnya kita disuruh nunggu dulu soalnya kamar mandinya cuman 1 n lagi dipake. Ternyata eh ternyaat mereka yg ada di rumah ini sebagian ada yg baru turun dari Ciremai, ada juga yg cuman jemput tapi dulunya mantan pendaki gunung, gunungnya pun ga tanggung2, Argopuro, Raung, Slamet, weeeew!!. Ahirnya kita disediain minum sambil nunggu kamar madni, ikut2an nimbrung disitu. Bener2 seru dengerin cerita2nya, apalagi mereka baruu banget turun dari Ciremai n kena ujan pas turun, sampe ada 1 orang yg tepar.  Seru sekaligus gempor juga dengerin ceritanya.. kita kan baru mau naek udah denger cerita2 kaya gitu hueeehh. Ahirnya jam 5an kita pamit balik lagi ke pos.

Nyampe pos udah pada bangun juga ternyata. Beres packing, kita sarapan sambil bungkusin makan siang buat rombongan Jkt juga. Dan ahirnya jam 8 rombongan dari Jkt dateng, sarapan, packing ulang, ahirnya mulai jalan jam 9an. Begitu jalan sih masih belom apa2, tapiii udah aga jauhan dikit, wuaduuh ini jalan aspalnya ajah udah kaya begini?? weekkkkksss Dan airnya saya pun jalan di paling belakang, baru sekali ini saya jalan di paling belakang, sebelomnya ga pernah, Galunggung, Burangrang, Cikuray, Gede, smuanya ga pernah di belakag. Ga tau knp Ciremai ini fisiknya ancur banget, gampang banget cape n pegelnya. Apa ada hubungannya sama siklus bulanan saya yg kebeneran baru hari pertama?? wuaaahh berabe

Sampe pos 1, udah aga tertatih nih, dan saya tetep jalan di paling belakang. Sampe makan siang sih masih bisa ketemu ama rombongan depan, tapi selepas makan siang makin menjadi sakit bulanannya, makin cepet pegel, makin drop fisiknya, jadi ajah yg paling belakang bener2 ketinggalan jauh ama yang depan. Ahirnya singkat cerita jam 8 malem, udah ampir deket Pos Batulingga, saya bener2 udah ga kuat, ahirnya saya sama 5 orang lainnya mutusin buat camp di Batu Lingga, tapi ternyataaa tenda yang ada cuman 1 dan untuk kapasitas 2 orang. Weekksss ahirnya 4 orang tidur di luar tenda (maaf ya huhu). Di Gunung paling tinggi di Jawa Barat tidur tanpa tenda malahan ga pake sleeping bag. Ahirnya setelah ngisi perut bentar ga pake basa-basi saya sama beberapa lainnya tiduuur.

Minggu, 3 Juli 2011

Harusnya sih kita camp di pos terakhir sebelum puncak, Pengasinan, tapi apa daya fisik drop, jadi ajah hari Minggu kita haru s mati2an ke puncak. Setelah beres semua, fisik udah lumayan naek, jam 9 start naek lagi. Oya, ada 2 orang temen kita yg camp ga jauh dari tempat kita di sebelum pos Sanggabuana 1 tapi ternyata udah duluan jalan lagi. Ternyata oh ternyata trek Batulingga-Pengasinan bener2 bikin fisik drop lagi, gilaaaaa manjaaat mana treknya pasir lagi, siang2 panas, bikin cepet haus. Ga tahan ama haus n panas, ahirnya di Pengasinan sekitar jam set 12, kita istirahat lagi. Padahal temen2 yang laen udah pada nunggu dipuncak. Ahirnya jam 12an mutusin buat jalan lagi, tapi sekarang tas saya dibawain, jadi aga ringan. Ai pas tas udah dibawain mah asa cepet manjat2nya… huaaahh dasaaaar fisik butuuuutttt!!! Jam 1 nyampe puncak, huaaahh pengen nagis rasanyaaaaa!!! Nangis kesel ama diri sendiri ko bisa2nya nge-drop, ngerepotin orang laen pulam bikin orang nunggu lama, bikin jalan ke puncak jadi 2x lipat soalnya dari Batulingga, huaaaaaa keseeeeel tapi begitu nyampe puncak ckckckc ahirnya bisa juga nginjekin kaki di titik tertinggi di Jawa Barat teh.

Setelah semuanya ngumpul, makan, istirahat, foto2 bentar, jam set 3 kita jalan turun lewat Palutungan. Huedeeehhh kuat ga nih fisik, Palutungan lebih landai tapi lebih puanjaaaaaang, Hilman ajah ampe misuh2 lewatin ni jalur hueeeeh. Dan seperti byasa saya jalan di paling belakang lagi. Trek awal2 turun sih lumayan ga lancar, soalnya masih batu n sepatu saya licin klo di batu. Tapi begitu masuk hutan, udah bisa aga sedikit lincah, sayangnya keburu gelap, kalo udah gelap susah dah ni jalannya, trus dah mulai aga cape juga. Ditengah jalan ketemu 2 orang temen, yg 1 keabisan aer jadi ditinggal n nunggu rombongan saya, untung ditemenin sama 1 orang temen saya, jadinya total yang paling ahir ada 8 orang. Begitu udah gelap jalannya jadi makin lambat, osalnya udah pada cape n ga semuanya bawa senter, jalanan turunnya juga aga2 bahaya, jadi bener2 pelan.

Tapiiiiii ini udah jam 8 n udah nyampe pos terakhir sebelum Palutungan ko ga ada tanda2 rumah penduduk yah?? ahirnya nemu pos yg ada wc nya, udah aga seneng soalnya ni udah hutan aga kebuka, udah aga luas n ada bangunan2 pos. Tapi ternyata pas udah lewatin pos itu, ko, malah masuk hutan lagi??? hueeeh kaki udah sakiiitm jalan udah sempoyongan nahan sakit kaki n ngantuk, mana jalan setapaknya ngga banget, kaya bekas dilewatin sama motor, jadi bener2 susah buat jalan dsitu, mau jalan di atasnya jalur motor, tanahnya gembur n licin. Hueeeh ga ada yg ga jatoh atow kesandung deh. Sedikit lega pas udah nemuin kebun pisang, berarti udah deket rumah penduduk, tapi ternyata sodara-sodaraaaaa malah masuk hutan lagi!! zzzzz

Senin, 4 Juli 2011

Jam 12 malem masih di dalem hutan!! Setelah masuk hutan yg abis lewatin kebu pisang, ternyata klo liat di kanan-kiri, posisi kita masih tinggi, masih di lereng. Sempet ragu sih ini jalannya bener apa kita nyasar?? tapi klo nyasar perasaan dari tadi jalannya cuman 1 ini ajah, ga bercabang2. Kalo ga nyasar pun buseeet kapan nyampenya sih?? kapan abisnya sih ini trek Palutungan??? Mana sih rumah penduduknya??? Bener2 kesel sendiri dah. Mana ada 1 orang temen yg masih belum begitu tau aturan selama di hutan, kadang omongannya sama kelakuannya lumayan bikin was2 yg laen. Takut kita kena batunya, mana ini trek ga jelas kapan nyampenya huhuu.

Ahirnya dengan nahan emosi, nahan ngantuk, nahan cape, nahan pengen muntah, nahan sakit kaki juga, kita masuk hutan pinus… biasanya klo udah hutan pinus udah mau nyampe. Tapiiii tetep ajah ga nyampe2 ternyata. Tetep ajah ketemu jalan setapak menyebalkan itu lagi, tetep ajah posisi kita masih tinggi n belum ada lampu2 rumah penduduk yang keliatan. Makin putus asalah begitu atu udah jam set 1 malem, ya ampuun berarti saya seharian jalan, mulai dari nanjak ke puncak, sampe turun dari puncak bener2 full buat di jalan. Oh my God, cukup 1 kali ajah deh Ciremai… udah bener2 pengen nangis ga nyampe nyampeeee. Ga lama dari situ, saya liat ada lampu rumah, setelah mastiin bener itu lampu rumah, aga sedikit semangat juga n ternyata ga lama kemudian kita nemu pos lagi n udah keluar dari hutan. Sekarang bener2 keluar hutan ga kaya sebelumnya udah keluar hutan ternyata masuk hutan lagi, turun lagi hueeeeh.

Tapi trek yang sekarang ini ga jauh menyebalkan dari trek sebelumnya, yak, kita harus lewatin areal sawah sebelum sampe ke permukiman penduduk. Dari sini tas saya dibawain lagi, tapi buat sekarang tetep ga ngaruh, soalnya udah bener2 cape, jadi tetep ajah jalannya kaya siput sambil nahan sakit kaki, nahan ngantuk, nahan pengen muntah, ah pokonya udah bener2 ga konsen deh. Ahirnya ketemu juga rumah penduduk, baru 1 rumahm disampingnya ada Masjid, ga pake basa-basi saya langsung mampir ke kamar mandinya,ga kuat pengen muntah. Tapiii ternyataaa namanya juga di desa, mana ada wcnyah, haddeehhh ahirnya cuman numpang kebelet ajah.

Mampir ke SD pun sama, ahirnya ujung2nya numpang di kamar mandi warung yg dijadiin base camp sama temen2 yg udah duluan nyampe bawah. Huadeeehh dinginnyaaaa bbbrrrr Pas jam 1 pas mau masuk suhu paling dingin di tempat ini. Haddeehhh. Setelah istirahat bentar sambil nunggu rombongan kumplit, jam 2 rombongan Jkt langsung turun carter angkot soalnya ngejar nyampe Jkt cepet. Sementara rombongan Bdg sih masih bis aleha2 sampe jam 4, soalnya bis pertama ke Bdg adanya jam 5 subuh n kita ber-6 seninnya kosong. Ada yg kuliah pun bisa bolos. ckckckc emang deh masa2 kuiah itu ada menyenangkannya juga.

Abis rombongan Jkt pulang, tinggal kita ber-6 di warung tadi ckckck bener2 sepi, perasaan campur aduk, ga nyangka ahirnya selsei juga pendakian Ciremai, susah payah naek ke puncak, fisik drop, jalan turun yg bener2 bikn emosi. Sedikit cerita temen yg sebelumnya udah pernah turun lewat Palutungan, dia sampe marah2 sendiri pas turun gara2 jalurnya panjang bangeeet, trus saking lapernya, daun seledri yang ada di kebon warga ahirnya dia makan n rasanya enaaak bangeeeet, ngalahin rasa makanan di restoran terenak se-Bandung huahahaha.

Ahirnya jam 4 kita turun dari Palutungan. Ah, campur aduk rasanya, bener2 ahirnya selesei juga pendakian Ciremai. Jam 5 lebih Damri yang kita tunggu ahirnya dateng, pilih posisi paling enak di belakang, sambil nglamun dengerin musik, sambil liat jalan, sambil liat kesibukan Kota Kuningan, begitu terang, sekali nengok ke jendela liat Gunung Ciremai yang bener2 tinggi, weew ga percaya kita semua abis dari sana dengan segudang cerita sendiri versi masing-masing.

Saking capenya begitu keluar Cirebon, saya pun ahirnya tidur, 5 orang temen saya sih udah tidur duluan dari begitu naek bis. Bangun2 saya udah di daeah mau masuk Sumedang soalnya bisnya berenti dulu. Lumayan beli minum, soalnya dari minggu pagi sakit tenggorokan sangat, mulut kering, muka kucel, widiiih ga mangrupa deh. Jam set 9 bis udah keluar dari Sumedang, penumpang juga makin banyak, tapiiii sodaraaa-sodaraaaaa kata Ka Gumi, yang kebeneran bisnya udah keluar Sumedang duluan, mulai dari Cadas Pangeran smpe Tanjungsari-Jatinangor macet!!! Oya, Ka Gumi itu temen, skaligus kk kelas, skaligus “kk” saya yang kebeneran baru pulang dari Merbabu n jarak bisnya ga terlalu jauh, jadi bisa saling tuker info.

Dan beneran ajah di tengah2 Cadas Pangeran, bis sukses berenti (macet). Entah deh berapa lama tu macetnya saya ketiduran lagi n bangun2 udah di Cileunyi, tapi amsih tetep muaceeeet. Hueeeh gileee baru sekarang ngalamin kaya gitu. Waduh, mana klo ke Caheum emang harus lewatin Ujungberung yg klo senin itu pasti macet. Bener ajah kita semua baru bener2 smape Caheum jam set 12 siang!!! 2 orang temen saya sih turun duluan soalnya rumahnya sebelum Caheum, sementara saya ama 3 orang lainnya masih harus ngesot ke Caheum terus ke kampus. Wuidiiih sadiiisss. Jam 1 siang baru ahirnya bener2 sampe kampus.

Bener2 pendakian terberat taun ini n selama naek gunung, ini pendakian terberat, belom pernah sebelumnya fisik smape nge-drop kaya gitu, belum pernah juga sampe ngerasain pengen nangis saking keselnya ama trek yang harus dilewatin. Tapi makasih banget buat semua temen2 yang ikut pendakian Ciremai ini, apalagi tim telat waktu naek, K’Wawan, K’Eko, K’Dejay, Zam, K’Adul yang ahirnya kepaksa nge-camp tanpa tenda, tanpa sleeping bag, jalan jadi lambat banget, maaf udah nyusahin. Makasih juga buat tim telat pas turun K’Wawan, K’Eko, K’Dejay, Hilman, Kemal, Zam, K’Adul yang ahirnya turun selama 10,5 jam nyusurin trek Palutungan.

Makasih juga buat yang udah minjemin jaket, kupluk, sarung, bawain headlamp,berat2 bawain tas pas nanjak n turun Palutungan, nganterin kemana-mana, ngasih minum, megangin tas klo ngesot2, ngasih plester buat celana yg sobek (huhuhu) megangin terus selama turun apalagi pas di jalan setapak, bayarin minum,sampe tidur ga pake SB, minjemin bahunya buat tidur pas turun di Palutungan (ckckck sempet2nya coba saya tidur). Pokonya makasih banyak buat semuanya.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on July 10, 2011 in Travelling

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: