RSS

TRIP IJEN-BALURAN-PAPUMA PART 1

15 Apr

Trip ini yang bener2 bisa dibilang trip yang aslinya. Yap, awalnya d ajakin sama KK  Sepupu yang emang suka jalan2 melancong kemana2.Waktu itu d ajakin, mau coba ikut trip backpakeran ga ke Jawa Timur, ke Banyuwangi, tepatnya ke Gunung Kawah Ijen. Hmmmm Jawa Timur?? Banyuwangi?? ya ampuuun jauuh amaaat. Kawah Ijen?? ada yah gunung di Banyuwangi. Hmmmm ahirnya setelah ijin dan d bolehin, itung2an biaya n ternyata meeting pointnya di Surabaya n mayoritas berangkat dari St Senen Jakarta pake kereta ekonomi ke Surabaya! Saya yang masih g tau apa2 ikut2 aja berangkat dari Jakarta pake ekonomi, soalnya murah juga sih Jkt-Sby cuman 45rb sajah! Pulangnya kebeneran udah ada rezeki d beliin tiket sama Om yang dines di Surabaya, jadi untuk pulang udah aman. Oke, bayangan saya:
1. Kereta ekonomi itu kan, kaya yang saya pake sama temen2 PL waktu ke Rancaekek? waduh, panas dan penuuh, tempat duduknya pun memanjang hadap2an
2. Kata temen saya, dia pernah naek kereta ekonomi ke Kebumen, seseeeek banget plus semua masuk, termasuk ayam + kambing. Hmm, OK itu cerita dia pas Lebaran, tapi kan saya pergi bukan pas Lebaran, jadi mungkin ga separah itu kali yaaa
3. Banyuwangi kan daerah panas?? ada ya Gunung disana??
4. Saya belum pernah naek gunung kecuali Hiking Jayagiri-Tangkubanperahu, itu pun cuman 3 jam dan jaman SMA taun 2005!!!
5. Jalannya ga kebayang, pake sepatu apa
6. Bawa apa ajacobaaa??

Kamis, 1 April 2010
Pagi2 saya udah pergi k Jkt pake travel. Tujuan saya kantor papah. Yap, transit dulu disana sampe sore buat ketemuan di Stasiun Senen sama yg laennya termasuk Kk sepupu saya. Hmmm… ok, jam 4, ahirnya meluncur ke Senen. Perasaan campur aduk. Deg2an kaya gimana kondisi keretanya, soalnya perjalanan bakalan jauuuh. Saya udah pengalaman Jkt-Sby tapi pake kereta argo! Wow, drastis bukan? Nah, singkat cerita saya udah ketemu sama semua anggota rombongan.Ada 1 orang yg telat sih. Ternyataaaa naek ekonomi itu harus rebutan banget masuknya biar kebagian duduk. Tiket d tangan jadi kecil jaminannya klo kita ga ngotot n ga banyakan! Plus hari Jumat itu tanggal merah, jadi kita pergi pas long weekend! Waauuuw!! Total kita ada 6 orang, 4 cwe, 2 cwo, tapi 1 temen cwe saya belum dateng. Ahirnya mending kita masuk kereta duluan dariapda tempat duduknya d serobot orang. Dan ternyata bener aja! di kursi kita udah ada Bapa2 ama Ibu2! Dan merak ga mau pindah!

Ahirnya sama temen saya, Ibu2 ama Bapa2 itu bisa dipaksa pindah dan kita ber-5 bisa duduk. Untung ga lama, temen kita yg 1 lagi dateng dan segera bergabung. Oke, kereta makin penuh dan PANAAAAS!! Baju udah basah, muka udah kucel ditambah lagi ternyata kursi kita yang kapasitasnya 3-3 jadi 4-4 ampuuuun deeh ga bisa gerak. Kebeneran waktu itu saya duduk di paling pojo deket jendela dan ngadep ke belakang, jadi kursi saya mundur.Oke tahaaan,sabaar! Keluar dari Jkt ajah butuh waktu 2 jam!!! 2 jam perjalanan, kita baru nyampe BEKASI sodara2!!OMG, mana tukang dagang ga putus coba bolak-balik, kereta penuh sesek, WC ntah dimana,ntah bisa d pake apa ngga. Dan sampe daerah Karawang-Purwakarta ujan! Oya, jendela kita itu rusak, jadi klo mau d buka harus d ganjel. Dan apa yg terjadi?? d daerah Purwakarta ujan gede, sodara2! OMG riweuhlah ini nutup jendela. Walhasil saya sama temen yg duduk d pojok juga kebasahan deh! Tapi begitu keluar Purwakarta ujan berenti, ahirnya kita mutusin buat buka itu jendela sampe ntar nyampe di Surabaya. Dan beser saya pun kumat! Ga tahan banget pengen k WC.

Ahirnya saya paksain tidur.Yah, cuman merem2 ayam sih, jadi masih bisa denger n masih bisa ngerasain pegelnya badan! Ternyata udah jam 9, dan kita masih ada di daerah Subang! Pamanukan tepatnya! OMG ini sih masih deket ama Bandung! Aga nyesel juga napag pergi dr Bdg ajah hikz hikz. Ahirnya nyampe Cirebon sekitar jam 12 malem. Kereta berenti aga lama. Saya yg udah g kuat pengen k WC ahirnya nekat nerobos orang2 bareng Mas Imam! Huah! kluar kereta penuh perjuangan, sesek ama orang, ga ada jalan sama sekali. Malahan ngantri WC nya pun panjaaang. Sampe ada ibu2 yang ngamuk2 gara2 orang d dalem WC lama banget. Saya jadi ngeri. Dan entah rezeki ntah apa begitu saya nyingkir ke pojok WC, eh, pintu WC bagian pojo kebuka, orangnya keluar, saya langsung masuk, sementara c Ibu2 tadi masih juga ngamuk2! Beres urusan WC, saya ama Mas Imam balik k kereta dan berjuang lagi sampe tempat duduk kita. Ampuuuuuun!!!

Jumat, 2 April 2011
Singkat cerita kereta pergi lagi. Untungnya dari Cirebon, waktu berenti di stasiun2 kecil aga sebentar, jadi perjalanan bisa aga cepet. Dan ternyata begitu masuk Jawa Tengah 3 orang temen saya pengen k WC juga! Terpaksa tahan sampe Semarang. Sampe Semarang, yg mau k WC pada ngabur semua. Dan ternyata g lama pad angabur, kereta udah mu jalan lagi, eh, buset. Panik deh kita ber-3, untungnya semuanya berhasil naek lagi dan g jadi k WC. Sepanjang malem tetep kesiksa, ga bisa gerak, panas, pengap, bau macem2, berisik yg jualan, duduk dempet2an, nahan pengen k WC, makan pun susah. Ahirnya saya Jkt-Sby sukses ga makan, masuk angin dueeh, kembung deeeh! Siaal!

Ahirnya saya bisa tidur juga. Selama kereta jalan, saya tidur, klo kereta berenti, saya bangun soalnya panas! Silahkan d bayangin gimana ‘nyenyaknya’ tidur saya! Ja, 5 ahirnya saya bener2 bangun. Kereta udah masuk daerah Cepu dan berenti di stasiun. Ternyata disini lumayan banyak yg turun. Sedikit aga turun nih suhu di dalem kereta. 1 jam kemudian, kereta sampe di stasiun Bojonegoro, disni baru bener2 mbudaal semua penumpang. Ahirnya kita bisa duduk normal, lurusin kaki, benerin badan, dan dapet angin sepoi2. Ada yg lanjutin tidur, ada yg diem2 aja.Ga lama ada yg nyamperin, ternyata setelah kenalan itu Mba Frida ama suaminya Mas Teguh. Mereka beda gerbong sama kita, tapi masuk ke rombongan juga. Ah, ahirnya di Jawa Timur ini kita bisa duduk enak.

Ahirnya sekitar jam 8 kita nyampe Stasiun Pasar Turi,Surabaya. Disana udah ada yg nunggu kita. Setelah mandi dan sarapan, kita urus2 masalah transportasi ke Banyuwangi. Surabaya hari itu panas, ga kaya waktu saya kesana. Ahirnya setelah dapet mobil kita langsung capcus ke Bnayuwangi. Total rombongan ini ada 14 orang, tapi yang 2 orang masih di jalan. Mereka pake bis n sempet kejebak macet gara2 banjir di Lumajang. Ahirnya kita sepakat buat ketemu ama mereka di Terminal Probolinggo.

Stasiun Pasar Turi, Surabaya, sapnduk pecel lele :

Setelah keluar tol, seperti biasa kita kena macet di Porong, ya ampuuun mana panas banget diluar,AC ga kerasa, ngantuuk tapi g bisa tidur gara2 panaaas. Ahirnya ntah berapa lama kita kejebak macet, jalanan mulai aga lancar menuju daerah Pasuruan. Panasnya minta ampun! Ahirnya kita makan siang di RM Rawon yg katanya cukup terkenal di daerah perbatasan Pasuruan-Probolinggo. Lumayan deh ngadem sekalian cash HP n kenalan sama anggota lainnya. Setelah beres makan, ternyata udah jam 2. Kita coba hubungin temen2 kita yang pake bis da ahirnya sepakat buat nungguin mereka di Situbondo.

Abis makan, kita lanjutin jalan kearah Situbondo yang ternyata makan waktu 2 jam juga. Tapi ternyata di tengah jalan ampir di Situbondo, temen kita yang 2tadi ngasih kabar klo ternyata dari Surabaya g ada bis k Situbondo, adanya Probolinggo, dan mereka udah di dalem bis menuju Probolinggo. Ahirnya kta pun balik arah ke Probolinggo. Tapi ada g aneh!Ini ternyata supirnya g tau jalan! Walhasil kita sedikit muter2,malah ampir aja ke jalan yang ke arah Jember, weeew!

Ahirnya setelah muter2 ga jelas nyari terminal bis di Probolinggo, jam set 5 kita nyampe terminalnya. Kebeneran temen kita belom dateng, nunggu lagi deh. Tapi g lama, ahirnya 2 temen kita dateng. Setelah kenalan dan beres2, kita ahirnya bener2 capcus dari Probolinggo sekitar jam set 6 menuju Situbondo. Lepas magrib, saya udah ngelewatin Paiton, hmm berarti ga lama lagi nyampe. Ahirnya jam 7an kita sampe di alun2 Besuki. Hmm aga bingung juga kemana jalannya. Kita sempet berenti lama di alun2, sambil nanya2 ke warga dan cek GPS. Ahirnya, setelah sedikit akin, kita belok ke kanan dari alun2 Besuki,dan saya sempet liat papan jalan disana tulisannya “Jalan Kawah Ijen”. Jalannya sendiri ga terlalu gede, beda sama jalan utama tadi, sepi, gelap, makin diterusin makin jarang bangunan. Yah, seengganya mungkin kita ga salah jalan.

Saya masih sempat liat pemandangan di jalan ini ada beberapa deret gunung2, tapi ga lama saya ketiduran. Begitu saya bangun, sekitar jam 8 malam, jalannya sudah aga xtrim, hutan dan nanjak banget, jalan khas pegunungan. Kata temen saya sih, kita sudah mau sampai, mungkin 1 jam lagi. Saya pun kembali ketiduran. Selang 1 jam kemudian,jam 9 malam, saya bangun lagi dan ternyata… ko ada di tengah kota?! Dan mobil kita sedang berenti nanya2 jalan. Ga lama, mobil jalan lagi dan ga sengaja saya lihat spanduk di warung, ternyata kita ada di Kota Bondowoso. Kota di Jawa Timur yang emang ada di daerah dataran tinggi.Hmmm setelah tanya2, ternyata tadi kita salah jalan, jalan di hutan itu cuman muterin Kota Bonodwoso ajah. Gubraaak.

Setelah jalan sedikit, kita sampe di jalan yang udah lumayan sepi, berhubung kita belom makan n kayanya g akan ada tempat makan lagi, jadi klo ada warung atow apapun kita berenti. Dan berhentilah kita di warung kecil, kayanya cuman ini satu2nya warung dari tadi, lumayanlah ganjel perut pake mie. Kita ber-14 turun, yang empunya warung aga sedikit kaget, malem2 sepi d datengin segerombolan orang2 kelaperan yang pesen mie goreng semua. Disini keanehan terjadi. Dari kita ber-14 ampir semua cwo minta mie gorengnya dobel, ada juga yang makan baso, ada yang baso + mie goreng. Yang punya warung (masih syok) sampe manggil semua anggota keluarganya di rumah buat bikinin kita makan (asli keluar semua! dari mulai suaminya, adenya, anak2nya). Sebagian dari cwe2 (termasuk saya) kebelet pengen ke WC, ahirnya d anterlah kita k WC yang letaknya d samping rumah. Dan ternyata WC itu gelaaaap dan di sebelah kandang Sapi!!! Ya ampuun sukur deh tu sapi kaga ngamuk n ngancurin bilik kamar mandi T__T.

Balik ke luar, ternyata udah disediain minum yaitu teh manis panas (Di Jawa Timur & Jawa Tengah minuman gratisnya bukan teh tawar, tapi teh manis). 1 orang temen saya pengen teh tawar, mintalah dia teh ke Ibu warung, gini kira2
Teman : “Bu, saya minta teh tawar 1 ya Bu”
Ibu Warung: -ngeliatin temen saya dengan muka heran-
Temen: “Bu?”
Ibu Warung: -ngomong entah bahasa Madura, ntah bahasa Jawa Timur ke anggota keluarganya-
        Teh tawar? disini ga ada teh tawar.
Kita semua: saling liat2an
Temen lain:” Mungkin disini sebutannya bukan teh tawar”
Temen:” Itu Bu, tehnya ga usah di kasih gula, di Bandung disebutnya teh tawar”
Ibu warung:”ooooh tehnya ga pake gula, teh pait”
Kita semua:$#^^&(&$^(()&$#%% ngakak

Setelah sedikit kenyang, ahirnya waktunya bayar2an. Namanya juga 14 orang, pasti riweuh.Dan keanehan keulang lagi, c Ibu yang punya warung ini udah nyebutin satu-satu harga makanan n minuman kita, tapi giliran di jumlahin ko hasilnya ga sama??!! Makanan dan minuman saya kebeneran sama kaya salah satu temen saya, mie goreng 2 plus teh manis, saya hitung sendiri, kira2 jumlahnya sekitar 8rb, tapi pas giliran temen saya, di jumlahin, hasilnya 11rb!!! Whaaat??? Ahirnya temen saya ngitung sendiri bareng sama Ibu Warung, Ibu warung namapk bingung banget! Untung ada suaminya yang ahirnya nge-handle maslaah itung2an. Dan kata bapanya, Ibu itu emangjarang banget ke bawah (ke Kota) n dulunya juga emang dari daerah yang ada jauh dari Kota, jadi ya maklum aja. Oke,setelah beres semua, kita terusin jalan. Dan ga lama kita semua langsung teriak ksoalnya persis di kanan jalan ada Alfamart yang lumayan gede dan MASIH BUKA!!! Whaaaattt???!!

Ahirnya jalan yang kita lewatin makin jarang rumah penduduknya, makin berubah perekerasannya jadi batu n malah ada tanah, belok2, gelap,sepi,padahal baru jam 10an. Dan ga lama belok lagi ke jalan desa. Sempet tanya2 juga sama penduduk jalan ke pos pendakian Ijen.

Purnama di Ijen

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 15, 2011 in Travelling

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: