RSS

SURVEY STUDIO PERENCANAAN PALABUHANRATU

06 Apr

Jumat, 13 Maret 2009

Briefing buat berangkat survey besok pagi sampe seminggu ke depan. Yap, SURVEY STUDIO PERENCANAAN DI PALABUHANRATU!! Ahirnya giliran 2006 juga buat studio! kita muali briefing jam 5, masing2 kelompok snyiapin semua2nyah buat berangkat besok. Yang ahirnya fix Sabtu, 14 Maret 2009 kumpul d kampus jam 8 pagi! Rapat d tutup sekitar jam set 7. Langsung pada pulang buat packing.

Sabtu, 14 Maret 2009

Jam 8 teng kumpul di depan gedung 8. Tapi bukan kita namanya klo ga pake ngaret! Adaaaa ajah yg d tunggu, dari mulai orang2nya blom lengkap, ada yg makan dulu, sampe ada gosip klo kuliah yg hari Sabtu ga d dispen,plus mobilnya juga belom ada yg dateng. Weekkksss. Ahirnya setelah nunggu cukp lama, sekitar jam 11 kita berangkat juga (klo g salah sih). D jalan standar sih, ga terlalu macet, jalannya juga aduhai jelek n kecil. Sering juga papasan ama bus 3/4 yg dari arah Palabuhanratu ke Sukabumi. Singkat cerita, jam 4an kita sampe di penginepan. Sore2 kita maen d pantai, lepasin cape n ngantuk selama di jalan tadi. Penginepan yang kita sewa lumayan gede, 2 kamar,1 kamar mandi, ruangannya luas, d paling belakang, jadi kita punya taman sendiri, deket k pantai, dan bonus patung Nyai Roro Kidul yang kalo malem matanya nyala cos ada lampunya ngadep persis ke arah kamar. Puas maen aer n foto2 n udah gelap juga, kita pulang ke penginepan mandi, makan, n siap2 buat jalan2 di Palabuhanratu hari minggu besok, sekalian survey kantor2 kecamatan, pelabuhan, n ‘kenalan’ama Palabuhanratu.

FASILITAS PENGINEPAN -LAPANG BADMINTON-

INI DIA PENGINEPAN KITA, YANG BAGIAN BAWAH

INI LOH PATUNG NYAI RORO KIDULNYA

MUARA SUNGAI CIPALABUHAN

ABIS MAEN AER D PANTAI, BILAS SEENAKNYA DI KOLAM INI HAHA

Minggu,15 Maret 2009

Pagi2 jam 5 saya, Bagus, ama Wulan udah bangun, solat trus langsung mandi. Cepet2 mandi deh, 1 kamar mandi d antriin sama 21 orang wow!! Ada juga sih kamar mandi deket dapur, buat penjaga gitu, lumayanlah klo kepepet banget mah, tapi jarang ada yg mu make, klo saya mah, daripada lama, ya pake ajah haha. Ahirnya jam 10an (klo g salah), semua personel udah pada mandi. Bagi2 tugas n rute. Kaloga salah kelompok tapak misah ya? pada nyewa motor buat langsung survey primer ke lokasi? Yap, ahirnya kita nyarter angkot ke pelabuhan sekaligus tempat pelelangan ikan. Lumayan lama juga disana, panaaas + bau ikan + bau limbah ikan hueeee. Dsini d bagi 2 tim, ada yg wawancara pedangan ikan, nelayan, sama petugas TPI, ada juga yang ke petugas pelabuhan buat nanya2 n minta data seadanya. Beres wawancara n ‘ngerampok data, kita (Kel. Kota & Wilayah) pisah dulu. Kel. Kota nyewa angkot buat muter2 liat2 lokasi kantor desa buat d mintain podesnya besok (senin), anak wilayah muter2 survey lokasi kantor pemerintahan (bener ga?)

JALAN DI SAMPING KANTOR DESA PASIRSUREN

INI NIH JALAN DI DEPAN DESA PASIRSUREN

Berhubung saya kelompok Kota, jadi cerita lanjut ke perjalanan naek angkot setengah jam menuju Desa Pasirsuren,Desa paling ujung di Kecamatan Palabuhanratu. Tanya2 sama yg naek angkot juga, klo mau k Pasirsuren, ongkosnya 5000, padahal jaraknya lumayan jauh,ampir setengah jam plus naik-turun bukit, keuar-masuk hutan karet wakaka. Kita ngelewati Desa Citarik, Desa Tonjong, n ahirnya Pasirsuren. Kita turun pas di depan kantor kepala desa dan pas juga di tikungan. Disana foto2 kondisi eksisting jalan sama ngitung semua jenis kendaraan yang keluar-masuk ke Kec. Palabuhanratu. Lumayan lama disitu, sambil ngadem n foto2, jalanan sepiiii banget, yg lewat cuman angkot, bus 3/4 sama kadang2 truk barang. Jarang kendaraan pribadi yang lewat. Ahirnya jam 1 kita capus dari situ, tetep nyarter angkot buat nyari Desa Cibodas, Buniwangi, sama Cikadu. Kata supir angkotnya klo ke Cikadu jalannya bakalan muter2, kalo mau k arah Palabuhanratu mah mending ke Buniwangi terus ke Cibodas, Yaaa, kita nurut2 ajah. Tapi pas liat jam, kayanya bakalan lama nih klo kita datengin satu-satu. Ahirnya kita mutusin ke Desa Cibodas, yang jalan masuknya ga jauh dari tempat nginep. Kalo jalan ke Buniwangi ternyata masih terus aja dariarah kantor pemerintahan, bisa d aturlah yaaa. Ahirnya kita nyusur ke jalan Desa Cibodas, ga lama ngerasain jalan mulus, tau2 langsung ganti jalan batu plus nanjak edan. Udah takut aja ni angkot g akan naek. Ahirnya kita muter arah, daripada kenapa2. Ahirnya kita koling2 sama anak wilayah yang ternyata lagi di pelabuhan juga. Ahirnya kita nyusul kesana. D pelabuhan bagi2 orang buat belanja makan malem n pulang ke penginepan. Jam 4 saya nyampe penginepan, dan langsung tidur zzzzzz

DI DALEM PELABUHAN

INI DIA BASE CAMP KITA, ALUN2 PALABUHANRATU & MANG ES KELAPA MUDA

Jam 5 saya bangun n mandi, anak2 yg belanjajuga udah pada pulang. Ahirnya bagi2 tugas, ada yang mandi, ada yang masak,ada yg leha2,ada yg pengen k pantai lagi hahaha. Malem2 rencananya kita mau briefing. Jam 9 sih rencananya, abis makan. Makan kita ala sunda pake daun pisang, tempe, apa lagi yah? lupa, pokonya di gelar makan bareng2. Beres makan, briefing per kelompok, cek list data sama sesuain kondisi di lapangan biar bisa bagi2 tugas ngumpulin data. Ahirnya kelompok kota hari senin fix bareng2 ke kantor Kecamatan Palabuhanratu buat nyari2 data. Kalo ga salah kelompok wilayah bakalan wara-wiri di komplek kantor pemerintahan Palabuhanratu buat nyari data kabupaten, anak tapak, ga basa-basi langsung capcus subuh2 ke lokasi survey di Desa Citarik. Udah fix per kelompok, baru kita briefing n sharing buat saling bantu, sapa tau bisa sekaligus, jadi ga buang2 waktu. Fix data2 Kec. Palabuhanratu buat kel wilayah d cariin sama kelompok Kota, jadi kel. wilayah bisa fokus sama kecamatan laen n RTRW. Data Desa Citarik kita serahin sama kel tapak hehe.

RUTINITAS SEHABIS SURVEY

Sekitar jam 12an, kita tidur, buat besok subuh2 ngantri lagi kamar mandi. Target jam 9 capcus ke kantor2 pemerintahan biar bisa lama cari datanya.

Senin, 16 Maret 2009

Seperti biasa, jam set 5 saya, Bagus, Wulan, Sari bangun duluan, Solat trus mandi. Ngantri mengantri ahirnya kira2 jam 9 kita semua berangkat dari penginepan. Lupa deh kita sarapan dimana, yg pasti jam 10an saya udah nongrong manis di kantor kecamatan. Klo ga salah buat mempersingkat waktu, Dhobit ama Ocha ikut kel. wilayah ke Bappeda n kantor2 pemerintah lainnya. Ternyata proses dapet data di kantor kecamatan itu lamaaaa banget sampe2 muncul ide buat nyulik kucing anggora punya Ibu Lurah, Kang Deden yg ahirnya ber-ramah-tamah ama Didit,dari ngomongin masalah pemerintahan, tempat makan sea food enak n murah, sampe d undang bakar ikan di tempat Kang Deden. Yeeeaaaay. Ahirnya klo ga salah jam3 kita pamit dari kantor Kecamatan ke Basecamp, alias alun2 Palabuhanratu, tepatnya di tukang es kelapa muda. Aaaaahhh udah cape2, nagntuk2, panas2 nyari data, minum es kelapa muda seger banget dah.Enak lagi es kelapa mudanya. Ahirnya lama2 dateng juga personel kel wilayah bawa setumpuk data2 yang harus d foto copy, ada juga personel tapak yg lagi digit peta d alun2, ahirnya istirahat dulu sambil ngemil2 n minum es kelapa muda sebelom pulang ke penginepan. Sambil pulang ke penginepan,kita nunggu yg foto copy data buat d bagi2 ke kelompok. Oya, dosen2 klo g salah dateng juga hari ini. Seperti biasa nyampe penginepan langsung tepar, kayanya hari ini g k pantai,cuman males2an d penginepan sambil masak makan malem.
Jam 8 kia mulai lagi briefing sama dosen n buat selasa ada pertemuan sama Bappeda jam 9an. Beres briefing sama dosen, kita briefing lagi per kelompok.Ternyata kel. wilayah mau survey primer ke beberapa kecamatan ke arah selatan, kaya ke Simpenan sampe Ciemas. Kel.Kota juga d bagi 2, ad ayg nagmbil podeske Cikadu, Buniwangi, sama Cibodas,n dateng ke Bappeda. Ahirnya yg k Bappeda Ocha n Dhobit, ke Buniwangi sama Cibodas saya sama Amil, ke Pasirsuren, Tonjong,Palabuhanratu, Cikadu Titis, Icha, n Didit. Kel. Kota sewa motor 1 untuk mobilitas saya n Amil.

Selasa, 17 Maret 2009

Seperti biasa, bangun subuh n mandi bair ga ngantri.Jam 8 udah pada cakep n cantik, yg kel wilayah survey primer pergi duluan pake mobil, sisanya naek angkot. Motor buat saya n Amil masih d pake sama kel.Tapak n d ambil di Bappeda. Ahirnya setelah ikutin presentasi dari Bappeda, saya n Amil pamit untuk ke Buniwangi. Oke, sampe kantor PU, jalan mulus, view baguuuuus banget, kebeneran klo k Buniwangi kita ngebelakangin laut, tapi yahud banget dah. Sampe beberapa kilo dari komplekkantor pemerintahan, jalan udah mulai berlubang, view juga udah hutanamakebun2 warga, jalan mulai nanjak. Lama2 jalannya makin parah n makin sepi. Waduh. Ya sudahlah saya foto2 kondisi jalan n sekitarnya. Ahirnya kita sampe di tempat yang udah lumayan banyak rumah2 penduduknya yang ternyata udah masuk daerah Desa Buniwangi. Sampe kantor Kades,wuiiihh sepiiiii banget, suasananya bikin ngantuk. Kantor desa ada persis di pinggir jalan utama antara Buniwangi-Cikidang. Tapi ko g ada kendaraan yg lewat?? sepii banget. Ahirnya setelah ngobrol sana-sini, foto ini-itu, ambil podes, kita pamit. Kita pulang lewat jalur yang sama. Viewnya ngadep laut n Palabuhanratu, bagus bangeeeet, sayang kita ga sempet berenti,soalnya masih harus ke 3 Desa lagi
Desa selanjutnya yang bakal kita mintain podesnya yaitu Desa Citepus, tempat kita nginep. Lokasinya paling enak, di pinggir jalan utama n pinggir pantai. Dari Kantor Desa Citepus, kita lanjut ke Desa Cibodas. Masih aga ngeri juga pas tau jalurnya batu kaya gitu. Untungnya saya ga harus sampe turun dari motor gara2 jalan jelek n berlubangnya itu. Jarak dari jalan masuk sampe Desa Cibodas katanya sih sekitar 6 Km, tapi ga nyampe2 n lamaaa banget nyampenya. Tapi begitu udah aga d atas bulit sedikt, viewnya keren banget, liat laut lepas, liat Teluk Palabuhanratu. Oke, lanjutin perjalanan, ternyata jalannya makin k atas makin ancur n makin nanjak. Ternyata Desa Cibodas itu ada di balik bukit yang keliatan dari penginepan, fiuuh pantesan ga nyampe2. Dan katanya kalo kita terusin jalan dari Cibodas ini, kita bisa tembus ke Buniwangi n Cikidang. Hmmm next time bolehlah coba2 hehe. Sampe kantor kepala desa, ternyata lagi ada acara pemilihan aparat desa, jadi aga rame n aga lama. Oya, disni ga ada sinyal sama sekali, sinyal As pun dikit. Hadddeeehh repoot. Padahal itu udah siang banget, sekitar jam 2 klo g salah.

JALAN DEPAN KANTOR DESA BUNIWANGI

VIEW PALABUHANRATU DARI JALAN KE DESA BUNIWANGI

RUSAKNYA JALAN KE DESA BUNIWANGI

KODIM DI BUNIWANGI

Jam 2 lebih kita pamit dan untungnya itu podes g usah dibalikin lagi kaya di Citepus n Pasirsuren. Dengan sisa tenaga kita pulang dari Cibodas. Begitu lewat di jalan yg viewnya bagus,langsung deh saya ama Amil foto2 dulu n diem dulu liat view Palabuhanratu dari atas, bener2 bagus deeh, g ada bangunan sama sekali yg ngalangin pandangan dari tempat kita berenti ke laut lepas. Puas foto2 kita turun,kita mutusin buat langsung ke penginepan, soalnya udah aga sore, pasti anak2 yg laen juga udah pada pulang. Ternyata begitu sampe penginepan kel.wilayah yg jalan ke Kecamatan tetangga belum pulang. Seperti biasa sorenya kita nmaen d pantai n foto2. Malemnya abis makan malem, briefing n ceklis data yg udah d dapet sekaligus share data. Berhubung ada podes yg harus d kembaliin n ada data plus form wawancara yang belom d ambil, jadi kel klota d bagi 2 kelompok lagi. Saya sama Amil kebagian ngembaliin podes n ke terminal ambil data plus nyebarin form wawancara, yang laen ke kantor kecamatan n Bappeda lagi.

SAMPE HARUS TURUN -DESA CIBODAS-

JALAN KE DESA COBODAS

ANCURNYA JALAN KE DESA CIBODAS

MENUJU KANTOR DESA CIBODAS

VIEW DARI DESA CIBODAS KE TELUK

Rabu, 18 Maret 2009

Seperti biasa kita pergi jam 9,ada juga yang pergi jam 8, ke Sukabumi buat cari2 data yg g ada di kantor Kabupaten, kita semua  ngejar kantor pemerintahan buka n biar dapet semua data2nya. Saya sama Amil langsung pake motor ke kantor desa Citepus, makan, n ke terminal. Siang2 sekitar jam 12an baru bisa gabung ke alun2, mana lagi klo bukan tempatnya es kelapa muda hehe. Sambil nunggu kelompok lain beres ngumpulin data, kita nyantei dulu,nikmatin sore di alun2 Palabhanratu. Jam 4 kita pulang, ada yg belanja dulu, ada yg langsung k penginepan n ke pantai. Kalo g salah kelompok tapak udah dateng semua soalnya subuh2 mereka mau pergi survey hehe. Puas maen2, foto2, kita pulang, bersih2, masak, n makan. G lupa teteeep briefing lagi. Tapi malem kamis ini lumayanaga nyantei, abis briefing, cwe2 foto2 d kamar, ngegosip, sambil ntar bangunin anak2 cwo kel tapak yg mau survey malem2 buta hehehe. Ahirnya jam 1 subuh, kelompok tapak pergi survey. Kita pun tidur.

Kamis, 19 Maret 2009

Aga nyantei, sekaligus 2 hari terakhir di Palabuhanratu. Kel. kota semuanya ke kantor kecamatan lagi, kel wilayah ke Bappeda, n janjian ketemuan di alun2 klo udah beres. Ternyata hari ini semua kelompok seleseinya cepet, jadi seperti biasa pulang ke penginepan langsung ke pantai. Berhubung hari terakhir, kita lebih puas2in lagi foto2 n maen aernya. Semua d ceburin k air. Dan sayangnya ada 1 kejadian kurang menyenangkan, hp saya yg d titpin k temen saya raib entah kemana, soalnya c temen yg saya titipin itu d ceburin juga. Ahirnya sampe aga gelap, beberapa temen saya n saya nyari2 hp, sisanya balik k penginepan buat bersih2. Ahirnya tas kecil yg isinya hp itu ketemu, jatoh n ketutupan pasir. Fiuuhh untunglah alhamdulillah.

Malem ini juga kita g langsung tidur, kita beres2 data, packing semua data biar besok pulang ga riweuh lagi.Tapi sialnya, data untuk aspek transport kel wilayah harus d ambil di Dishub Kabupaten, di Cikembar, sekitar 3 jam dari penginepan. Ahirnya Jumat, Tiko sama Citra bakalan naek motor ke Cikembar. Oya, menu makan malem terakhir di Palabuhanratu sedikit mewah, ikan bakar, d kasih dari senior kita yg tinggal di Palabuhanratu. Wuiih biar bumbunya sederhana, tapi jadi seru soalnya kita makan bareng2, jarang2 deh kaya begini d Bdg.

REMEMBER OUR SUNSET HEY 2006

Jumat,20 Maret 2009

Yapzz… ahirnya bisa bangun aga siang juga. Hmmm sebenernya saya TC sih di patung ikan yg d jadiin sebagai “pintu masuk” ke Palabuhanratu, temen2 dari kel. wilayah juga udah pada mau bantu, tapi ko mendadak males yak?? padahal pas malemnya udah curhat ama Bang Deph masalah cara2 Traffic counting, pembagian waktu, surveyor, tapi komasih pusing n kayanya ga memadai semua yah. y udahlah daripada d anggep sotoy nanti pas asistensi,mendng g jadi aja deh. Ahirnya Jumat itu rencana mau pulang k Bdg carter bis MGI. Sambil nunggu Tiko n Citra ke Cikembar, Didit n Ego k terminal nyari bis, kita d rumah foto2, tidur, maen ps, nyanyi2 g jelas, dsb. Ahirnya keburu jumatan. Abis jumatan, Tiko n Citra baru dateng. Tapi Didit ama Ego belom. Ahirnya sekitar jam 2an, bis udah dateng, foto2 teralhir di pantai, pamitan n ahirnya pulang. Tetep, mampir dulu di tukang kelapa muda n sempet2nya beli dulu haha

YA SETOR SETOR SETOR SETOR

SEBELOM PULANG K BDG

Tapiiii ga segampang itu pulang juga!! Baru keluar dari Kelurahan Palabuhanratu, bis mogok sodara2!!Padahal bis bagus itu, pariwisata!! hIkz hikz. Ahirnya setelah berenti 2 kali, pas berenti ke-3kainya, ini yg paling lamaaaa, ahirnya kita sepakat ganti bis. Aga susah juga nyari bis yg mau d carter sampe Bdg, soalnya selaen udah sore, kita juga minta bayaran yg lumayan murah, soalnya udah d pake buat bayar bis pertama.
Ahirnya sekitar jam set 6, kita baru dapet bis pengganti yang kondisinya ko masih mendingan bis pertama yah??? y Sudahlah daripada g bisa pulang. Sepanjang jalan temen2 pada tidur, saya kebeneran duduk di bangku ke-2 dari belakang sebelah kanan bareng Cha2. Bis berenti sebentar di Pasirsuren buat balikin podes. Berhubung udah magrib jadi podesnya kita selipin di pintu aja. Keluar dari Palabuhanratu, sepanjang jalan sampe Cikembar bis aga ugal2an jalannya. Kerasa banget sama saya yg duduk d belakang. Barang2 kaya tas n data2 foto copyan ampir pada jatoh semua.Untung bisa d tahan sama Dhobit, tapi masalahnya ada printer juga d belakang., Hmmmm senewenlah kita amac supir. Dari situ  pa supirnya jalannya biasa2 ajah.

NUNGGU BIS MOGOK

Pas sampe daerah Citatah, aga ngantri juga, maklum ternyata hari Jumat, kendaraan yg k Bandung volumenya meningkat (hahay, bahasa transport banget dah). Ahirnya kita sampe kampus sekitar jam 10 malem dengan selamat dan gerimis.

Fiuuhh PR kita masih bnyak, ceklis ulang data, nyiasatin data yg kurang, ngolah,sampe bikin laporan n presentasi. Tapi seminggu d Palabuhanratu bener2 ninggalin kenangan sendiri buat kita 2006. Pertama dan terakhir kalinya kita survey bareng2, rame2, gila2an, maen2 bareng di masa kuliah. Biar ada sedikit cerita yang kelewat n bukan cerita dari tiap2 sudut pandang kelompok, tapi saya harap sih bisa ngewakilin garis besar yang kita lakuin n alamin disana. MISS U ALL 2006!! Dan alhamdulillah studio perencanaan ini lulus semua!

KELOMPOK KOTA

KELOMPOK WILAYAH

FULL TEAM, 21 ORANG.KOTA, WILAYAH, TAPAK

KELAKUAN BUDI ANDUK 2006

Advertisements
 
3 Comments

Posted by on April 6, 2011 in Travelling

 

3 responses to “SURVEY STUDIO PERENCANAAN PALABUHANRATU

  1. egohgole

    April 7, 2011 at 00:14

    foto yg terakhir, mirip bautista, christian

     
  2. toko bunga

    April 12, 2011 at 12:54

    Et dah..jago nulis juga

     
  3. ncandra

    April 15, 2011 at 13:04

    Ego>>> Oh may God!! Christian Bautista jadi kenek Bus Palabuhanratu-Bandung???!! itu mah adenya Budi anduk kali, Ego anduk 😀

    K’Wawan>>> masih belajaar ^__^

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: